Jumat, 08 Agustus 2008

MENJADI DIRI SENDIRI

Anda pasti pernah dengar kata-kata bijak yang berbunyi, "Jadilah dirisendiri!". Jika didengar sekilas, kata-kata tersebut seakan tak bermakna.Padahal jika mau menghayatinya, kata-kata tersebut cukup ampuh untukpembentukan diri yang akan mempengaruhi kelangsungan karir Anda. Menjadidiri sendiri membuat Anda memiliki fondasi kepribadian yang kuat. Memang,untuk menjadi diri sendiri tidaklah mudah. Ada beberapa faktor yang berperandalam hal ini. Artinya, ada sejumlah syarat dalam pembentukan diri sendiriantara lain ;
1. JADILAH PRIBADI YANG BERBEDA.Sadarilah bahwa Anda berbeda dengan orang lain, baik secara fisik maupunpsikis (kejiwaan). Setiap orang memiliki ciri khas dan karaktermasing-masing. Hal ini menyiratkan bahwa di satu sisi Anda memilikikelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain tetapi di sisi lain Anda jugamempunyai kekurangan dibanding orang lain. Kesadaran seperti ini akanmembantu Anda merasa aman dan nyaman dalam menerima kondisi Anda yangsesungguhnya. Anda tidak merasa risau dengan keberadaan orang lain. Dan halini akan membantu menumbuhkan rasa percaya diri Anda.
2. KENALILAH DIRI SENDIRI. Secara fisik Anda tentu telah mengenali diri Anda dengan baik. Misalnyaberapa tinggi dan berat tubuh Anda, apa warna rambut dan kulit Anda, ataubagaimana bentuk mata Anda. Anda tentu juga mengetahui secara pasti tempatdan tanggal lahir Anda, dimana tempat tinggal Anda, dan apa pekerjaan Anda.Tetapi hal-hal fisik ini tidak cukup untuk mengenali diri sendiri. Andadituntut untuk mengenali hal-hal yang bersifat non-fisik seperti bagaimanasifat, watak, kebiasaan, dan kepribadian Anda. Dari hal-hal seperti inilahkualitas diri Anda terbentuk.
3. JANGAN MENYESALI DIRI. Setiap orang tak lepas dari kelemahan dan kekurangan. Namun jangan sekalipunmenyesalinya. Tak perlu repot membandingkan kekurangan Anda dengan kelebihan orang lain. Toh disamping kekurangan, Anda juga punya potensi lain dankelebihan. Dan jangan sampai Anda menempuh 'jalan pintas' untuk merubah diriAnda. Lebih baik gali kelebihan Anda untuk menutupi kekurangan Anda.
4. EVALUASI DIRI. Lakukan evaluasi terhadap diri sendiri untuk mencapai apa yang Andainginkan. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan identifikasi terhadapberbagai hambatan maupun hal yang memperlancar kesuksesan Anda. Ini mencakup berbagai aspek baik fisik maupun non fisik. Misalnya bagaimana cara bicara dan berpakaian Anda, bagaimana sifat dan karakter Anda. Jika Anda merasakan kekurangan di satu sisi maka Anda harus berusaha membenahinya. Mintalah bantuan orang lain yang mengenal Anda untuk mengevaluasi diri. Jadi Anda akan mendapatkan penilaian obyektif tentang diri Anda dan hal ini bisamenjadi masukan berharga bagi pengembangan diri.
5. HARGAI DIRI SENDIRI. Berpikirlah positif tentang diri Anda. Sekalipun Anda punya kekurangan, Andatidak boleh menilai buruk dan membenci diri sendiri. Jika Anda selaludibayang-bayangi kelemahan Anda, Anda akan kesulitan menerima dan menghargai diri sendiri. Maka Anda harus memulainya dari diri Anda. Jika Anda saja sudah tidak menghargai diri sendiri, bagaimana dengan orang lain?
6. PERCAYA DIRI. Pede atau rasa percaya diri yang Anda miliki bisa menjadi modal dasar dalammenerima diri sendiri. Anda dapat menerima diri Anda sendiri dalam segalasuasana dan kondisi apapun. Kepercayaan diri ini memudahkan Anda menjadidiri sendiri. Karena Anda memiliki kebanggaan yang bersifat pribadi terhadapdiri. Tapi tentu saja Anda tidak bisa puas hanya dengan rasa pede. Lebihjauh, Anda juga harus terus menggali dan meningkatkan hal-hal yang dapatmeningkatkan rasa pede Anda.Terlepas dari hal-hal di atas, Anda harus didukung oleh sikap dan pemikiranyang realistis. Artinya Anda harus menyadari bahwa Anda tidak mungkin bisamenyamai orang lain, baik fisik, kepandaian, ataupun kesuksesannya. Andajuga bisa mencapai sukses namun bukan kesuksesan seperti yang orang laincapai. Ingatlah, apapun adanya diri Anda, Anda harus menerima dan menghargaidiri sebagai pribadi yang memiliki segala kekurangan dan kelebihan. Yangpenting, Anda dapat menggali kelebihan Anda sendiri tanpa mencontekkelebihan orang lain. Dengan demikian, Anda akan menjadi pribadi yang kuatdan bersahaja. Dan sukses pun siap Anda gapai....!

Tidak ada komentar: