Jumat, 01 Agustus 2008

MUNGKINKAH ITU YANG MEREKA DOAKAN?

Hidup adalah bagaimana membuat sesuatu itu indah dari sudut pandang yang lain..yang walau mungkin tidak bisa diterima oleh akal sehat sekalipun..
saya bertanya tanya kalo seandainya semua orang menjadi kaya maka siapakah yang akan menjadi orang miskin? kalau semua orang akan menjadi pengusaha, siapakah yang akan menjadi karyawannya? kalo semua orang menjadi pintar maka siapakah yang menjadi orang bodoh? dan masih banyak pertanyaan2 yang lain yang mungkin membuat kita bertanya tanya, terheran heran bahkan membingungkan.

di lain sisi apabila ada orang sakit maka mereka akan membutuhkan seorang dokter di sisi lain dokter ada maka mereka pasti akan membutuhkan orang yang sakit..kalau tidak ada yang sakit maka sudah tentu dokter tidak bekerja alias menganggur, bukan? maka pantaskah seorang dokter berdoa " biarlah hari ini ada yang sakit, sehingga saya bisa melakukan pekerjaanku? "

di lain sisi apabila di tengah jalan mobil mengalami mogok, maka sudah pasti yang terlintas dalam pikiran adalah bengkel yang terdekat dimana yah? di sisi lain bengkel ada maka sudah tentu mengharapkan ada mobil yang datang untuk diperbaiki, supaya pegawainya tidak menganggur, bukan? maka pantaskah pemilik bengkel berdoa "biarlah hari ini ada mobil yang rusak, sehingga saya bisa mendapatkan penghasilan?

di lain sisi seorang satpam diperlukan untuk menjaga keamanan, di sisi lain apabila situasi selalu aman maka otomatis satpam tidak diperlukan. maka pantaskah seorang satpam berdoa " biarlah situasi tidak aman, sehingga saya bisa melakukan pekerjaanku? "

di lain sisi tukang sapu jalanan diperlukan untuk membersihkan jalanan yang kotor dengan sampah2 dari orang2 yang membuang sampah sembarangan, di sisi lain apabila semua orang sadar akan pentingnya membuang sampah ditempatnya, maka pantaskah seorang tukang sapu jalanan berdoa " biarlah hari ini jalanan kotor supaya saya bisa melakukan pekerjaanku? "

di lain sisi tukang sol sepatu berjalan keliling kompleks untuk mencari sekiranya ada yang ingin memperbaiki sepatunya yang rusak, di sisi lain tidak ada seorangpun yang mengharapkan sepatunya rusak, maka pantaskah seorang tukang sol sepatu berdoa " biarlah hari ini ada orang yang sepatunya rusak sehingga saya bisa melakukan pekerjaanku? "

di lain sisi seorang terdakwa membutuhkan seorang pengacara untuk membelah dia bahkan kalo mungkin bisa memenangkan perkaranya, di sisi lain pengacara ada maka sudah tentu mereka menginginkan ada seorang terdakwa memakai jasanya, maka pantaskah seorang pengacara berdoa "biarlah hari ini ada kejahatan sehingga terdakwa bisa menggunakan jasa saya dan saya bisa melakukan pekerjaanku? "

dan masih banyak lain sisi dan sisi lain yang lainnya yang apabila diungkapkan maka langit yang adalah kertas dan laut yang adalah tinta dan rumput2 jadi pena tidak akan sanggup untuk memuatnya...

tapi satu yang terakhir adalah :mungkin sering kita mendengar kesaksian dari orang2 yang tadinya melakukan suatu kesalahan yang sangat fatal dalam hidupnya lalu kemudian berbalik dan bertobat, malah menjadi motivator dan inspirator dalam kehidupan orang lain? tidak sedikit mereka diundang menjadi narasumber dalam berbagai kegiatan dan ujung2 nya memberikan nasihat "jangan pernah mencoba untuk melakukannya" . maka pantaskah kita berdoa " biarlah saya melakukan kesalahan sehingga suatu hari saya bisa berbalik dan bertobat dan bisa membagikan pengalaman ini kepada orang lain, bisa memotivasi dan menginspirasi mereka?

justru kadang kita belajar dari hal2 kecil untuk bisa menjadi lebih besar. kita belajar dari keterpurukan orang lain, kita belajar dari kekurangan orang lain dan kita belajar dari pengalaman2 orang lain yang kadang tidak bisa diterima oleh akal sehat kita.

sesuatu yang indah tidak selamanya baik,
tetapi sesuatu yang baik akan selamanya indah,
biarlah semuanya indah ada waktunya

Tidak ada komentar: